English French German Spain Italian

Cara Memasang Lantai Kayu Parket Agar Melekat Kuat

Cara Memasang Lantai Kayu Parket Agar Melekat Dengan Kuat dapat dilakukan sendiri bahkan dengan sangat mudah apalagi saat ini lantai kayu yang dijual oleh produsen lantai kayu memiliki bentuk yang memudahkan konsumen untuk melakukan pemasangan sendiri dengan baik. Namun membutuhkan kesabaran sedikit dan energi agar keindahan lantai yang anda miliki terlihat memiliki nilai seni tinggi. Agar anda dapat memasang lantai kayu sendiri dengan sempurna dengan cara yang relatif lebih sederhana, perlu adanya tahapan tahapan yang benar agar lantai kayu melekat dengan kuat dan erat serta sempurna.


Cara Memasang Lantai Kayu Parket


Berikut adalah panduan dan tahapan tahapan memasang lantai kayu dengan sederhana yang dapat anda lakukan sendiri untuk penampilan indah lantai rumah anda :

  • Tahap 1 : Periksa Kekuatan Dan Kerataan Lantai Utama / Dasar
Periksalah tingkat kekuatan dan tingkat rata dari lantai dasar, jika ada lantai yang kurang kokoh segera diperkokoh dan jika ada lantai yang belum rata harus diratakan terlebih dahulu agar tidak mengganggu pada saat pemasangan.

  • Tahap 2 : Penyesuaian Dengan Ruangan
Sebelum instalasi permanen dilakukan, lakukanlah penyesuaian lantai kayu terlebih dahulu dengan suhu ruangan. Penyesuaian ini dilakukan dengan cara membuka lantai kayu dan memasangnya selama 48 jam.

  • Tahap 3 : Bersihkan Permukaan Lantai Utama / Dasar
Bersihkan lantai dasar dari berbagai kotoran dan berbagai jenis minyak yang menempel dan pastikan lantai dasar dalam kondisi kering pada saat pemasangan.

  • Tahap 4 : Memasang Lembaran Penghalang Uap
Pasanglah terlebih dahulu lembaran untuk menghalangi penguapan langsung pada lantai kayu dengan menggunakan lembaran sejenis aluminium foil atau bahan plastik lainnya.

  • Tahap 5 : Setting Permukaan Di Bawah Pintu
Pada wilayah lantai kayu di bawah pintu, lakukan setting elevasi terlebih dahulu agar pintu tidak terganggu dan memiliki jarak dengan lantai kayu sehingga pintu akan bergerak dengan bebas dan lantai kayu pun tudak terganggu dengan pergerakan pintu tersebut.

  • Tahap 6 : Mulai Pemasangan
Agar tampil sempurna, pemasangan mulai dilakukan dengan lembaran kayu pertama yang sejajar dengan dinding ruangan yang paling panjang. Ikuti alur dinding dan beri space antara lembaran lantai kayu pertama dengan dinding secukupnya agar jarak lembaran kayu yang lain dapat disesuaikan.

  • Tahap 7 : Pemasangan Lembar Lantai Kayu Berikutnya
Gunakanlah lidah sambungan untuk lembaran berikutnya agar lembaran lembara kayu tidak mudah bergeser.

  • Tahap 8 : Pemasangan Terakhir
Pemasangan lembaran lantai kayu terakhir tentunya sangat dipengaruhi oleh lembarann lantai kayu sebelumnya. Pastikan semuanya maksimal sehingga tidak ada celah pada setiap lantai kayu yang dipasang.

  • Tahap 9 : Pemasangan Lembaran Lantai Kayu Pengunci
Lantai kayu pengunci di lakukan pada bagian tepi luar agar menampilkan pemasangan lantai kayu yang indah dipandang.

Itulah cara memasang lantai kayu dengan tahapan tahapan yang harus diikuti sehingga hasil lantai kayu yang indah akan didapatkan walaupun anda melakukan pemasangan ini dengan cara sederhana dan dilakukan sendiri.
Tag : Artikel, Tips
0 Komentar untuk "Cara Memasang Lantai Kayu Parket Agar Melekat Kuat"

Back To Top